General Contraktor

Kolam butek akibat kotoran ikan, sampah dari daun – daun kering, dan debu yang terbawa angin masuk ke kolam. Berbagai sampah dan kotoran membuat tampilan kolam kotor, jorok, dan tidak sehat. Biasanya ikan mulai terserang stres atau tidak ingin hidup bergairah.

Membersihkan kolam itu gampang tidak perlu orang ahli, anda pun dapat melakukan sendiri. Kuncinya, proses tahapan pembersihan mesti teratur. Soal peralatan, tidak ada yang mahal atau canggih. Cukup sikat, busa dan alat sederhana lainnya.proses bersih – bersih pun tidak lama.

Lakukan pengurasan kolam dua bulan sekali. Hindari membersihkan dengan deterjen atau sabun yang dapat membunuh ikan, dan gunakan air sumur yang baik.

Alat – alatnya :

Serokan ikan

Karung plastik bekas terigu

Busa

Sikat ijuk

Ember

Selang plastik

Langkah – langkahnya :

  1. Matikan mesin sirkulasi air sebelum melakukan pengurasan. Buka lubang saluran pembuangan air. Diamkan selama 10 – 30 menit agar air berangsur – angsur berkurang. Jika air sudah berkurang hingga kedalaman 5 – 10 cm dari dasar kolam, pindahkan seluruh ikan menggunakan serokan plastik ke dalam ember berisi air bersih.
  2. Gosok dasar dan dinding kolam dengan sikat injuk. Bersihkan pula elemen kolam, seperti patung atau batu koral. Lakukan hingga seluruh dinding dan dasar kolam bersih. Selanjutnya, gosok permukaan kolam menggunakan karung plastik agar sisa kotoran yang menempel terangkat. Untuk hasil maksimal,gosok secara memutar.
  3. Bersihkan sisa air dan kotoran dengan busa. Tempelkan busa ke dalam genangan air, lalu angkat dan peras. Lakukan berulang – ulang hingga seluruh sisa air habis.
  4. Semprotkan air bersih ke seluruh kolam. Langkah ini merupakan pembilasan awal, sebaiknya semprotkan air secukupnya secara merata agar proses pembilasan sempurna dan tidak boros air. Setelah proses selesai, buang air bilasan.
  5. Bersihkan sisa kotoran dan sisa air bilasan menggunakan busa. Gosokkan busa ke seluruh dinding dan dasar kolam. Peras dan bersihkan busa dari kotoran. Lakukan proses ini hingga kolam kering dan bersih.
  6. Isi kolam dengan air bersih hingga penuh. Nyalakan pompa sirkulasi agar air lebih banyak mengandung oksigen. Selang setengah jam, masukan ikan ke kolam. Lihat, kolam tampil bersih dan segar. Ikan pun lebih bergairah dan sehat.

Dikutip Dari ” Idea”

 

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsapp 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

Artikel Lainya

Pasang Baja Ringan

Atap Metal Berpasir

Jual Pasir

Jasa Bangun Rumah

Pemasangan Plafon & Partisi Gypsum

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsored By
pasang baja ringan

material

distributor baja ringan

Facebook
Facebook By Weblizar Powered By Weblizar