General Contraktor

Jika pagar besi tempa terlalu mahal bagi anda, buat saja agar pagar besi biasa tampak seperti besi tempa. Besi tempa dengan finishing antik saat ini sedang menjadi tren dimana – mana. Namun kebanyakan pagar dengan bahan dan finishing seperti itu hanya terdapat di rumah – rumah mewah. Ini karena harga besi tempa memang relatif lebih mahal.

Lalu bisakah pagar anda yang terbuat dari besi biasa tampil lebih eklusif dengan finishing antik ? bisa saja. Trik mudah untuk mengubah penampilan pagar besi anda menjadi lebih ekslusif dengan efek besi tempa dan finishing antik.


Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah :

  • Scrub
  • Kape
  • Kuas
  • Amplas
  • Penyemprot cat (sprayer)
  • Cat anti karat (meni)
  • Tiner
  • Cat krom (cat oplosan)
  • Dempul besi
  • Cat dasar
  • Cat pelapis (melamik)
    Cara – caranya adalah sebagai berikut :
  1. Hilangkan atau kelupas saja sisa cat lama pada pagar besi anda, agar cat baru bisa menempel dengan baik. Anda bisa mengunakan amplas atau sikat besi untuk mengelupas ini. Sisa cat pada bagian ukiran bisa dibersihkan menggunakan tiner.
  2. Untuk menghasilkan efek besi tempa pada besi biasa yang tidak mempunyai tekstur, anda bisa menggunakan dempul besi, pengolesan dempul besi sengaja dibuat tidak rata, untuk menimbulkan efek besi tempa yang lebih natural.
  3. Setelah dempul kering, amplas bagian dempul yang runcing, lakukan secara perlahan – lahan, karena jika terlalu keras, dempul akan hancur. Kemudian bersihkan pagar dengan kuas untuk menghilangkan sisa – sisa amplas tadi.
  4. Langkah berikutnya adalah pemberian cat anti karat (meni). Ini untuk mencegah timbulnya karat setelah pengecatan, juga supaya pagar lebih tahan lama.
  5. Tunggu sampai cat anti karat benar – benar kering, lalu oleskan cat dasar. Anda bisa menggunakan warna cat dasar apa saja, tetapi yang biasa digunakan adalah hitam atau cokelat. Jika cat dasar terlalu kental, bisa diencerkan dengan tiner.
  6. Oleskan cat krom dengan teknik khusus, mengunakan alas (karton/triplek),pastikan cat dasar sudah kering agar tidak tercampur. Cat krom yang masih berupa bubuk cat, diencerkan dengan cat pelapis (melamik). Arah mengecat juga disesuaikan dengan lajur pagar, agar efek cat terlihat bagus.
  7. Langkah terakhir adalah memberikan cat pelapis (melamik) agar cat lebih awetAkan lebih baik jika menggunakan sprayer supaya lebih merata dan tidak tercampur dengan cat yang ada. Jarak semprot yang baik adalah 30 cm.Pagar besi anda sudah tampil baru dan lebih eklusif dengan efek besi tempa dan finishing antik.

    (Dikutip dari “Serial Rumah”)

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsapp 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

Artikel Lainya

Pasang Baja Ringan

Atap Metal Berpasir

Jual Pasir

Jasa Bangun Rumah

Pemasangan Plafon & Partisi Gypsum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsored By
pasang baja ringan

material

distributor baja ringan

Facebook
Facebook By Weblizar Powered By Weblizar