General Contraktor

Plafond atau sering disebut langit – langit, tidak luput dari masalah debu, flek akibat bocor, atau berlubang. Debu masih dapat diatasi dengan pembersihan secara rutin. Namun bila sudah berflek apalagi sampai berlubang, maka plafond harus ditambal atau bahkan diganti.

Panggil tukang ? jangan dulu ! menambal plafond sebenarnya adalahj pekerjaan yang cukup mudah. Anda hanya memerlukan alat dan bahan sederhana. Untuk lebih jelasnya, ikuti saja langkah – langkah berikut ini.

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Kompon (bahan pengisi) perekat
  • Gergaji
  • Kape
  • Papan Gipsum
  • Cutter
  • Pita kertas
  • Tatakan
  • Meteran

Cara – caranya adalah sebagai berikut :

  1. Ambil sisa gypsum dan ukur sehingga gypsum tersebut dapat menutup lubang yang ada. Besar potongan gypsum harus lebih besar dari lubang.
  2. Gambar dengan pensil ukuran gypsum tersebut pada plafond yang berlubang. Ini perlu anda lakukan agar lubang yang ada dapat tertutup dengan rapi. Kemudian menggunakan cutter, buatlah torehan pada plafond.
  3. Buatlah lubang pada plafond seukuran gypsum yang akan anda pasang, dengan car menggergaji lubang secara diagonal kearah tepi batas ukuran gypsum tadi.
  4. Setelah anda menggergaji ke empat arah diagonal, patahkan plafond di sekitar lubang tadi sehingga bentuk lubang menjadi segi empat. Potong dengan cutter sisa – sisa plafon sampai benar – benar terlepas. Jangan lupa untuk merapikan sisi – sisi lubang agar potongan gypsum penambal dapat terpasang dengan rapi.
  5. Siapkan papan gypsum lainnya, dengan ukuran sepanjang lubang dan 1/3 lebar lubang, sebanyak dua buah. Gypsum ini dimanfaatkan sebagai rangka tambahan untuk gypsum penambal. Oleskan kompon perekat pada rangka tambahan ini.
  6. Segera tempelkan rangka tambahan yang sudah diolesi kompon perekat pada bagian atas lubang. Tempelkan kedua rangka penahan tadi pada kedua sisi panjang lubang. Tunggu sampai kompon benar – benar kering. Ini ditandai dengan rangka penahan yang sudah tidak bisa bergerak lagi saat ditekan.
  7. Sesudah rangka tambahan tersebut menempel dengan kuat, ambil potongan gypsum penambal tadi dan olesi juga dengan kompon perekat (sebaiknya kompon tidak hanya dioleskan pada tengah gypsum, tapi juga pada sekeliling gypsum agar dapat menempel dengan kuat).
  8. Campurkan komposn pelapis dengan air, lalu oleskan pada keempat sisi sambungan antara gypsum penambal dengan plafond. Ratakan kompon dengan kape sehingga kompon dapat menempel dengan rata. Untuk tahap ini , kompon pelapis cukup diaplikasikan satu lapis saja. Sebagai dasar penempelan pita kertas.
  9. Sesegera setelah kompon pelapis selesai dioleskan tempelkan pita kertas bagus pada keempat sisi sambungan tadi. Agar pita dapat tertempel dengan baik, tekan dengan kape. Kemudian oleskan kompon pelapis sebanyak dua lapisan. Kemudian oleskan kompon pelapis sebanyak dua lapisan. Biarkan sampai kering, baru setelah itu anda bisa mengecat plafond anda kembali.

Dikutip Dari “Serial Rumah”

 

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsapp 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

Artikel Lainya

Pasang Baja Ringan

Atap Metal Berpasir

Jual Pasir

Jasa Bangun Rumah

Pemasangan Plafon & Partisi Gypsum

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsored By
pasang baja ringan

material

distributor baja ringan

Facebook
Facebook By Weblizar Powered By Weblizar