General Contraktor

 

Halaman rumah yang becek atau carport yang licin, selain bisa diatasi dengan conblock, juga bisa diatasi dengan koral sikat.

Koral sikat (atau sering juga disebut beton sikat) sudah banyak digunakan di rumah – rumah tinggal dan tempat – tempat umum. Fungsi dari beton sikat ini selain mencegah jalan menjadi licin dan becek, juga bisa digunakan untuk menambah keindahan halaman depan rumah.

Koral sikat diterapkan pada bidang besar seperti carport atau teras (lobi), bisa juga dicetak kecil – kecil untuk dipasang sebagai jalan setapak dihalaman rumah anda.

Pada dasarnya pembuatan koral sikat pada bidang besar atau kecil saja, hanya saja pemasangan koralnya yang berbeda. Jika pada bidang kecil pemasangan koral harus dilakukan dengan hati – hati dan memperhatikan kerapihannya, pada bidang besar pemasangan koral dapat dilakukan dengan hanya menaburkannya. Pola serta warna dapat dibuat sesuai sesuka anda.


Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat koral sikat adalah :

  • Koral
  • Semen
  • Kuas
  • Sikat Plastik
  • Cetakan
  • Pasir
  • Oli
  • Sikat Kawat
  • Cetok

Langkah – langkah pembuatan koral sikat

  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat adukan semen yang akan dicetak. Campurkan pasir 3 : 1. Kemudian tambahkan air secukupnya sampai campuran tersebut menyerupai adukan semen untuk plesteran.
  2. Cetak lebih baik terbuat dari besi, dengan bentuk sesuai keinginan anda. Sebelum mengisi cetakan dengan adukan semen, oleskan bagian dalam cetakan dengan oli sampai rata. Penggunaan oli akan membuat adukan yang sudah kering dapat dengan mudah dilepas dari cetakan.
  3. Masukkan adukan semen kedalam cetakan sampai penuh, tekan – tekan adukan untuk memastikan tidak ada rongga diantara adukan semen dan cetakan. Jika pengisian adukan semen tidak rata dan padat, akan mengakibatkan hasil cetakkan mudah pecah dan tidak tahan lama.
  4. Sesudah cetakan penuh dengan adukan semen, mulailah menata koral diatas adukan semen tersebut. Koral ditata mulai dari pinggir, baru kemudian ke bagian tengah. Lakukan dengan hati – hati agar terlihat rapi. Jika koral sikat akan dibuat pada bidang besar, koral tidak perlu ditata karena tidak terlalu terlihat kerapiannya.
  5. Agar koral yang sudah ditata dengan rapi tadi dapat melekat erat pada adukan semen dan tidak mudah lepas, anda perlu menekan permukaan adukan menggunakan cetok. Tekan – tekanlah sampai semua koral tertutup semen dan permukaan menjadi rata.
  6. Tunggu sampai adukan semen setengah kering, kurang lebih setengah hari. Setelah adukan semen setengah kering, sikat permukaannya menggunakan sikat kawat. Sikat sampai koral yang tadi ditekan masuk kedalam adukan semen menjadi terlihat kembali. Tetapi jangan menyikat terlalu keras., karena bisa menyebabkan koral terlepas. Kemudian untuk menghilangkan semen yang terdapat disela – sela koral, sikatlah menggunakan sikat plastik.
  7. Sesudah semua permukaan koral disikat, lap dengan busa basah untuk membersihkan koral dari sisa – sisa semen yang masih melekat diatasnya. Dengan demikian warna asli koral bisa terlihat. Kemudian biarkan adukan semen benar – benar kering dan mengeras, lepaskan koral sikat yang sudah jadi dari cetakan. Untuk mempercepat pekerjaan, anda bisa membuat cetakan lebih dari satu sehingga koral sikat dapat segera dipasang di halaman rumah anda.

    Dikutip dari ” Serial Rumah “

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsapp 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

Artikel Lainya

Pasang Baja Ringan

Atap Metal Berpasir

Jual Pasir

Jasa Bangun Rumah

Pemasangan Plafon & Partisi Gypsum

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsored By
pasang baja ringan

material

distributor baja ringan

Facebook
Facebook By Weblizar Powered By Weblizar