General Contraktor

 

Anda mungkin enggan menggunakan pipa besi di rumah karena perawatannya yang sulit. Jika terkena air bahan kimia, pipa besi bisa berkarat dan rusak, sehingga mengakibatkan kebocoran. Namum apa anda bisa menghindari benda yang satu ini ? seringkali, terap ada saja bagian rumah yang menggunakan pipa besi, seperti dapur dan kamar mandi.

Untuk mencegah kerusakan pada pipa tersebut, anda sebaiknya ,melapisinya dengan cat yang bisa mencegah karat dan tahan terhadap bahan kimia

 

Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Cat epoksi (base coat)
  • Cat epoksi (top coat)
  • Amplas
  • Kuas
  • Lap bersih
  1. Amplaslah terlebih dahulu pipa besi yang akan anda cat. Langkah ini perlu anda lakukan agar semua kotoran yang melekat pada pipa tersebut hilang, sehingga cat dapat melekat dengan baik. Sedangkan pada pipa yang sudah agak berkarat, sebaiknya amplaslah sampai semua karat hilang. Jika masih tersisa, karat tetap bisa tumbuh walaupun besi sudah dicat, sehingga tetap akan merusak besi sedikit demi sedikit.
  2. Semua kotoran dan karat mengelupas, lap seluruh permukaan pipa supaya debu dari hasil pengamplasan hilang. Gunakan lap bersih dan kering. Jika masih terdapat kotoran berupa minyak. Anda bisa membersihkannya menggunakan bensin. Namun jangan menyiramkan bensin pada pipa secara langsung. Gunakan lap tadi untuk mengoleskan bensin sampai kotoran benar – benar hilang.
  3. Langkah berikutnya adalah mempersiapkan cat dasar. Cat dasar yang kami gunakan disini berupa paket yang berisi cat (1/2 liter), hardener (1/4 liter), tiner (1/4 liter). Campurkan ketiga bahan tadi. Jika tidak memerlukan banyak cat, sebaiknya anda mencampurkan ketiga bahan tadi di wadah lain, karena cat yang sudah tercampur harus segera digunakan. Yang perlu diingat adalah perbandingan campuran yaitu 1/2 : 1/4 : 1/4.
  4. Aduk campuran tadi sampai benar – benar rata. Jika tidak, anda tidak bisa mendapatkan hasil akhir yang baik.
  5. Setelah campuran cat siap aplikasikan pada pipa besi. Oleskan cat tipis – tipis dahulu, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit atau sampai cat mengering. Lalu aplikasikan lagi campuran cat tadi sampai menutupi seluruh permukaan pipa dengan rata. Kemudian diamkan lagi sampai kering.
  6. Sesudah cat dasar yang terdiri dari dua lapis tadi sudah kering, amplas lagi. Namun pengamplasan kali ini jangan terlalu keras, sehingga tidak menghilangkan lapisan cat yang telah dioleskan. Pengamplasan kali ini hanya bertujuan untuk meratakan cat dan menghilangkan kotoran yang mungkin menempel pada saat pengecatan tadi.
  7. Siapkan cat top coat yang juga terdiri dari cat (1/2 liter), hardener (1/4 liter), dan tiner(1/4 liter). Seperti cat dasar tadi , jangan campurkan semua cat jika anda hanya memerlukan sedikit. Perbandingan campuran ini juga sama dengan cat dasar di atas, yaitu 1/2 : 1/4 : 1/4. Setelah itu aplikasikan cat ini sampai menutupi seluruh permukaan cat dasar. Sekarang pipa anda sudah terlindungi dari kotoran, karat dan bahan kimia yang bisa merusaknya.

Dikutip dari ” Serial Rumah”

 

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsapp 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

Artikel Lainya

Pasang Baja Ringan

Atap Metal Berpasir

Jual Pasir

Jasa Bangun Rumah

Pemasangan Plafon & Partisi Gypsum

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsored By
pasang baja ringan

material

distributor baja ringan

Facebook
Facebook By Weblizar Powered By Weblizar