General Contraktor

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengubah penampilan dinding, misalnya dengan mengecat ulang mengunakan warna baru, menambahkan wallpaper, dan mengecat dengan teknik tertentu.

Teknik cat washed memang sudah sering digunakan di banyak rumah, tetapi mungkin ada beberap orang yang belum mengetahui cara penerapannya.

Teknik cat washed adalah pengolesan cat menggunakan spons sehingga diperoleh efek seperti awan. Warna yang digunakan bisa 2 atau lebih (termasuk cat dasar). Penerapannya dilaksanakan dengan menutulkan cat sedikit demi sedikit.

Teknik cat washed memerlukan kesabaran yang tinggi, karena proses penutulan cat akan memakan waktu. Oleh karena itu, untuk mengakalinya anda bisa menerapkan teknik ini hanya 1 m dari lantai, kemudian divariasikan dengan teknik stensil di atasnya.


Alat dan bahan yang diperlukan untuk teknik cat washed adalah :

  • Cat tembok 2 warna
  • Amplas
  • Roller
  • Tatakan roller
  • Spons (bisa menggunakan spons bekas atau spons cuci pencuci piring)

Cara – cara nya adalah sebagai berikut :

  1. Dinding yang akan dicat dengan teknik washed sebaiknya diamplas dahulu sebelum diberi cat dasar. Pengamplasan ini perlu dilakukan untuk membersihkan dinding dari kotoran – kotoran yang melekat, sehingga cat dasar dapat melekat dengan baik (rata).
  2. Cat yang akan digunakan sebagai cat dasar lebih baik berwarna terang agar hasil teknik washed terlihat jelas dan indah. Cat dasar sebaiknya di incerkan dahulu, mengunakan air agar memudahkan saat anda mengecat.
  3. Oleskan cat dasar menggunakan roller atau kuas. Cara pengolesannya cat dasar harus selalu searah agar hasilnya rapi. Ulangi pengecetan dasar ini sampai 2 sampai 3 kali sehingga didapatkan hasil yang baik dan merata. Tunggu sampai cat dasar benar – benar kering, kurang lebih setengah hari.
  4. Setelah cat dasar benar – benar kering, yang ditandai dengan warna cat yang sudah merata, baru bisa dimulai penerapan teknik cat washed. Tutulkan spons ke dalam cat yang berwarna lebih tua. Namun jangan langsung menutulkan spons pada dinding, melainkan tutulkan dahulu spons ke kayu atau kardus sampai cat yang di spons menipis.
  5. Pada saat menutulkan ke dinding, sebaiknya spons dipegang dengan cara sedemikian rupa, sehingga permukaan yang ada catnya berbentuk bulat. Supaya hasilnya bisa berbentuk bulat, tutulkan sampai cat pada spons habis. Setiap selasai menambah cat, jangan lupa untuk menutulkan spons ke kayu atau kardus lebih dahulu. Ulangi langkah ini 2 hingga 3 kali, sampai hasil cat washed merata. Jika ingin, anda bisa mengkombinasikannya dengan teknik stensil.
  6. Dikutip dari ” Serial Rumah “
CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsapp 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

Artikel Lainya

Pasang Baja Ringan

Atap Metal Berpasir

Jual Pasir

Jasa Bangun Rumah

Pemasangan Plafon & Partisi Gypsum

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsored By
pasang baja ringan

material

distributor baja ringan

Facebook
Facebook By Weblizar Powered By Weblizar