General Contraktor

Bata merahBatu Merah adalah bahan bangunan yang telah lama dikenal dan dipakai oleh  masyarakat baik di perdesaan maupun di perkotaan yang berfungsi untuk bahan bangunan  konstruksi. Hal ini dapat dilihatdari banyaknya pabrik batu bata yang dibangun masyarakat  untuk memproduksi batu bata. Penggunaan batu bata banyak digunakan untuk aplikasi teknik  sipil seperti dinding pada bangunan perumahan, bangunan gedung, pagar, saluran dan  pondasi.

Batu bata umumnya dalam konstruksi bangunan memiliki fungsi sebagai bahan non-struktural, di samping berfungsi sebagai struktural. Sebagai fungsi struktural, batu bata dipakai sebagai penyangga atau pemikul beban yang ada diatasnya seperti pada konstruksi rumah sederhana dan pondasi. Sedangkan pada bangunan konstruksi tingkat tinggi/gedung, batu bata berfungsi sebagai non-stuktural yang dimanfaatkan untuk dinding pembatas dan  estetika tanpa memikul beban yang ada diatasnya.

Pemanfaatan batu bata dalam konstruksi baik non-struktural ataupun struktural perlu  adanya peningkatan produk yang dihasilkan, baik dengan cara meningkatkan kualitas bahan material batu bata sendiri (material dasar lempung yang digunakan) maupun penambahan dengan bahan lain. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mencampur material dasar batu bata dengan menggunakan sekam yang merupakan limbah pengilingan padi. Pemanfaatan sekam dalam pembuatan batu bata dapat memberikan kualitas batu bata yang diproduksi.

Secara visual pengujian batu bata yang baik dan mempunyai kekuatan yang baik akan  memberikan suara dering jika diketok.  Sebuah suara kusam menunjukkan batu bata yang lembut atau goyah. Sebuah batu bata yang baik tidak harus menyerap lebih dari sepersepuluh  jumlah air. Sebuah tes yang sederhana dapat dilakuakn dengan cara. Kita hanya perlu ketelitian dalam pengecekan kualitas batu bata tersebut. Untuk pengecekan kualitas batu bata dapat dilakukan dengan cara:

  1. Bila kita perhatikan banyak batu bata yang patah atau pecah pada saat di toko material maka batu bata tersebut tidak baik..
  2. Dapat di cek juga dengan cara menggesekan potongan besi pada bata, bila muncul suara garing maka batu bata tersebut berkualitas baik.
  3. Cara lain dengan membelah dua batu bata tersebut. Bila bagian dalam belahan batu bata berwarna merah merata maka batu bata tersebut baik karena sudah matang saat pembakaran.
  4. Perhatikan Tumpukan batu bata pada saat baru diturunkan dari mobil pengangkut. Bila bila banyak batu bata yang patah atau pecah maka batu bata tersebut tidak baik.
  5. Mengambil sebuah batu bata dan menimbang ukurannnya, kemudian batu bata  direndam air selama 24 jam, kemudian berat air ditimbang.  Selisih i hasi timbangan setelah direndam dan sebelum direndam maka dapat dihitung jumlah daya serap air.

Dari tips dapat dikatakan bahwa bata yang berkualitas adalah sebagai berikut :

  1. Batu bata  harus bebas dari retak atau cacat, dan dari batu dan benjolan apapun
  2. Batu bata harus seragam dalam ukuran, dengan sudut tajam dan tepi yang rata.
  3. Permukaan harus benar dalam bentuk persegi satu sama lainuntuk  menjamin kerapian pekerjaan.
  4. Mempunyai ukuran, kuat tekan dan daya serap air yang dipersyaratkan

 

CV. JAYAWAN
TELP/FAX 021-22950276
HP/Whatsapp 0812 8703 0528
Email bangun_rumah@jayawan.com / dedentanuwijaya@gmail.com
Alamat Jl. Grand Nusa Indah   Gandoang Rt. 03 Rw 04 Kec.    Cileungsi Kab.Bogor 16820

 

 

Artikel Lainya

Pasang Baja Ringan

Atap Metal Berpasir

Jual Pasir

Jasa Bangun Rumah

Pemasangan Plafon & Partisi Gypsum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsored By
pasang baja ringan

material

distributor baja ringan

Facebook
Facebook By Weblizar Powered By Weblizar